Thursday, November 30, 2006

Kecepatan Indosat Cable

Sepertinya aneh-aneh saja nih Indosat cable via Kabelvision. Kenapa speed-nya berubah-ubah terus? Kadang 8kB/s, kadang 15kB/s. Aneh sekali mengapa sepertinya dibuat bercandaan?
Sedangkan dari halaman informasi spesifikasi kabel terlihat kalau kecepatan via jaringan mitra hanyalah 64kb/s (8kB/s).
Sebelum lebaran kemarin, sehari-hari 8kB/s sampai kira-kira 2 bulan lamanya. Namun pas liburan lebaran, kecepatan menjadi 15kB/s sampai 2 hari yang lalu kemarin. Sempat ke 8kB/s, namun kemarin dan hari ini sudah ke 15kB/s lagi.

Parah benar internet Indonesia ini, dulu kira-kira di tahun 2002, pertama kali saya berlangganan kecepatannya sangat luar biasa dibandingkan sekarang, yaitu 64kB/s dengan biaya Rp. 350.000,- / bulan.

Lalu tanpa diberitahu, dilakukan pemangkasan seluruh ISP yang terhubung dengan Kabelvision menjadi 20an kB/s kalau tidak salah. Lalu setelah berjalan lama, tarif dinaikan menjadi Rp. 500.000,- / bulan (sampai saat ini).

Lalu saya lupa tepat-nya kapan-kapan saja, namun sampai pada hari ini, harga tetap setengah juta, namun speed resmi nya 8kB/s.

Tarif membengkak, kecepatan dipangkas, sangat amat jauh dengan negara-negara tetangga kita. Contoh: Singapura, Korea Selatan.

Dengan harga seperti di Indonesia, disana bisa mendapatkan kecepatan internet sekelas T1.

3 comments:

Anonymous said...

gw ga tau yah apa yang aneh sama Indosat, namun ditempat gw kecepatan download masih tetap 15kBps kok.
gw sendiri hampir sama dengan penulis, sudah berlanganan sejak Indosat cable masih 64kBps dan harga masih 350rb, sangatlah puas, pengen download apa2 semangat, karena sangat cepat sekali.

mungkin penulis download pada server yang di cap bandwithnya sehingga 8kBps saja.

Anonymous said...

Cepet apanya
disunat jadi 8 KB/s gini
tanpa alasan jelas
Customer Support juga terkesan masa bodoh(Perintah atasan ini)
susahlah tinggal di indonesia
konsumen gak boleh senang

felix said...

iya nih sekarang jadi 8kB/s lagi
kutu kupret indosat!!!