Wednesday, January 10, 2007

iPhone Akhirnya

Apple akhirnya mengindikasikan tentang iPhone pada Macworld 2007. Keynote Steve Jobs dalam launching iPhone yang berdurasi kurang lebih 1jam lebih ini sungguh fantastis dan menarik. Gw rekomen untuk menonton nya (ada di url iPhone). Tehnik presentasi CEO Apple yang alur-nya brilian disertai dengan kejutan2 & humor2 kecil itu amat keren.
Penggunaan musik The Beatles pada demo musik, demo telepon dengan menilpun 2 kolega nya yang sedang menonton keynote juga. Telefon Starbucks via Google Maps "Sorry wrong number. Thank you!", semua nya membuat penonton tertawa. Selain itu clicker keynote slide sempat tidak berfungsi pada saat presentasi porsi bisnis mobile phone dalam sisi ekonomi & Steve bercerita tentang pengalaman masa ABG nya dalam iseng2 membuat TV Jammer.

Berakhir sudah spekulasi sebagaian blogger yang meramalkan kalau iPhone 90% tidak akan disebut dalam Macworld 2007. Dan selain itu nama dagang iPhone dimiliki oleh Cisco dengan produk yang berbentuk VOIP phone. Koq Apple tetap menggunakan-nya yah?

Hmm, fitur iPhone yang gw sukai adalah:
  1. GUI yang fantastis, penuh dengan animasi yang smooth & sexy! Bagaikan switching pada OS X's expose. Sungguh2 sleek.
  2. Touch the music. Browsing musik di iPod pada iPhone dan juga browsing contact list nya sungguh2 kool, tinggal gunakan jari saja! Animasi nya juga smooth.
  3. Integrasi penuh dengan Address Book, iCal. Sebagai pengguna kedua aplikasi itu dalam sehari2, gw benar2 menantikan fitur full integrated dengan telepon genggam. Dan iPhone menjawab semua itu.
  4. Baterai terpisah. Baterai telefon & iPod terpisah sehingga kita takkan kerepotan tak bisa menilpun dikarenakan baterai sudah habis gara2 kita asik sampai kelupaan dengerin musik. Hal ini takkan terjadi. Penggunaan 2 baterai dalam iPhone sungguh brilian!
  5. Switching portrait & landscape. Pergantian ini menggunakan sensor otomatis, namun sepertinya akan cepat rusak dhe.
  6. Hemat baterai. Ada 2 hal yaitu: Ambient light sensor & sensor telinga. ALS mendetek cahaya ruangan dan otomatis menset brightnes iPhone. ST mendetek apabila kita menggunakan iPhone untuk menilpun menggunakan telinga (bukan speaker phone) akan otomatis mematikan layar. Brilian!
  7. Safari on handheld! Walaupun gw terpaksa sehari2 menggunakan Firefox demi menunjang pekerjaan gw. Namun integrasi Safari pada iPhone sungguh diluar dugaan.


Namun downside dari iPhone sudah jelas adalah: fitur 3G (Nokia juga mengatakan ini) & launching nya bulan Juni 2007. Sampai di Indonesia sekitar Juli 2007.

Pesan gw: Jangan beli iPhone buru2! Kenapa? Karena jadi pengadopsi produk Apple awal adalah bodoh. Apple memang sungguh perusahaan yang inovatif namun produk awal nya (rev a) seringkali banyak borok dan buggy. Jadi bersabarlah, tunggu borok2nya terlihat dan belilah rev b.

Dan selain itu pada rev b dapat dipastikan akan terjadi upgrade kecil juga yaitu: 3G, mega pixel pada kamera nya dinaikan, storage dinaikan. Dan semua itu dijual dengan harga yang sama seperti rev a -nya.

No comments: